7 Tips Mempercepat dan Optimasi Loading Blog

7 Tips Mempercepat dan Optimasi Loading Blog

Apa yang Kamu lakukan jika membuka suatu situs, lantas ternyata loadingnya lama? Pastinya kita akan jengkel dan malas untuk menunggu sampai situs tersebut terbuka seluruhnya.Dan lebih memilih membuka situs lain yang berisi informasi sama, namun yang cepat loadingnya.

Yup, situs yang loadingnya lama, tak dipungkiri akan ditinggalkan pengunjung. Jadi, jangan hanya fokus membuat konten yang bagus saja, tetapi juga buat situs Kamu fast loading agar pembaca nyaman.



Lantas bagaimana cara membuat loading blog menjadi lebih cepat? Yuk langsung saja intip informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Cepat Loading Blog

Ada beberapa cara yang bisa Kamu terapkan agar loading blog menjadi lebih cepat, diantaranya ialah:

1. Minimalisir Penggunaan Gambar

Penggunaan gambar di dalam sebuah blog memang dibutuhkan untuk menarik perhatian pengunjung. Sehingga pengunjung tidak hanya menikmati tulisan, tapi bisa melihat visual dengan adanya gambar. Hal ini bisa membuat pengunjung lebih betah dan tidak mudah bosan. Namun, gambar pada homepage blog Kamu, akan mempengaruhi kecepatan loading blog. Semakin banyak gambar berkualitas tinggi, akan membuat loading lebih lambat karena situs harus memuat gambar blog. Jadi, gunakan gambar sewajarnya saja dalam konten yang Kamu unggah. 

2. Kompres Gambar sebelum Diunggah

Resolusi gambar yang terlalu besar juga bisa memperlambat loading blog. Oleh karena itu, kurangi resolusi gambar terlebih dahulu sebelum mengunggahnya. Jika gambar mimiliki ukuran resolusi yang tinggi, kompres menjadi versi stKamur sehingga kualitas gambar lebih terjaga, namun juga tidak terlalu besar. Ukuran gambar yang lebih kecil akan membuat loading blog ringan dan cepat. 

3. Hilangkan Plugin yang Tidak Digunakan

Cek kembali plugin apa saja yang terpasang dalam situs Kamu. Loading yang lambat bisa disebabkan karena terlalu banyak plugin yang terpasang. Oleh sebab itu, Kamu perlu menonaktifkan atau menghapus beberapa plugin yang memang tidak Kamu gunakan. Pilih plugin yang memang berkualitas dan menunjang pengembangan blog Kamu saja.

4. Pilihlah Hosting yang Berkualitas

Pemilihan hosting juga berpengaruh pada kecepatan loading blog Kamu. Berhati-hatilah saat memilih layanan hosting yang banyak ditawarkan di Internet. Tidak semua hosting menjamin kecepatan loading website Kamu. Disarankan untuk menggunakan VPS (Virtual Private Server), dimana besar virtual memory usage tidak bergantung pada user lain dalam server yang sama, sehingga tidak akan mengganggu kecepatan loading situs Kamu.

5. Rutin Bersihkan Cache

Cache adalah data yang tersimpan di dalam RAM. Semakin banyak data yang tersimpan dalam RAM, akan membuat space RAM semakin kecil. Hal tersebut membuat laoding web menjadi berat karena kapasitas ruang sedikit. Maka dari itu, rutinlah membersihkan cache agar data yang tersimpan dalam RAM tidak overload (berlebih). Kamu bisa membersihkkan cache secara efektif dengan menggunakan plugin W3 Total Cache.

6. Perbaiki Link yang Rusak

Cek link-link yang ada di website Kamu dengan menggunakan beberapa tools, seperti Screaming Frog SEO Spider dan Google Webmaster Tools (crawl errors tab). Tools tersebut membantu mengidentifikasi link rusak yang terdapat di dalam website Kamu. Sehingga Kamu bisa segera memperbaikinya. Link rusak tersebut dapat menguras bandwidth, meningkatkan bounce rate, dan memperlambat proses loading.

7. Memperkecil Skrip CSS

Terakhir, gunakan CSS Compressor untuk memperkecil skrip CSS. Ukuran skrip CSS yang terlalu besar akan membuat loading blog menjadi lebih lambat. Maka dari itu, gunakan tools khusus yang bisa memperkecil ukuran CSS, sehingga bisa mempercepat loading blog.

Sekarang sudah paham kan, bagaimana cara mempercepat loading blog kita. Tunggu apa lagi, segera terapkan tips diatas sampai berhasil.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar